Kursi Roda di Jakarta Barat

07 June 2016 - Kategori Blog

Kursi Roda di Jakarta Barat

Mencari berbagai jenis kursi roda di Jakarta Barat saat ini tidak lah sulit. Pasalnya, kursi roda untuk berbagai jenis keperluan bisa dengan mudah dicari di toko penyedia alat-alat medis. Tidak harus langsung mendatangi tokonya untuk memilih satu per satu jenis kursi roda yang dibutuhkan, Anda bisa terlebih dahulu melihat-lihatnya terlebih dahulu dari situs/website penyedianya. Dengan demikian, Anda bisa memiliki waktu yang lebih leluasa untuk mempertimbangkan akan memilih kursi roda paling sesuai.

Pertimbangan 1: Fungsi dan Kegunaan Kursi Roda

Hal pertama yang Anda perhatikan ketika akan membeli kursi roda ialah dengan mencari tahu fungsi dan kegunaannya, agar sesuai dengan kebutuhan. Pasalnya, kursi roda sudah mengalami evolusi sehingga memiliki banyak jenis dan tipe yang penggunaannya pun tidak lagi khusus untuk keperluan medis saja.

Kursi Roda Medis

Kursi roda medis merupakan jenis yang standard dan umum digunakan sebagai alat bantu orang-orang berkebutuhan khusus yang mengalami gangguan kesulitan berjalan kaki, baik akibat penyakit, cacat, atau cedera. Jenis kursi roda ini fokusnya didesain agar sang pengguna merasa senyaman mungkin duduk di atasnya, sehingga dalam menjalankan aktivitas pun dapat diminimalisir hambatan-hambatannya. Tipe-tipe dari kursi roda medis sendiri cukup beragam. Ada kursi roda yang umum seperti kursi seperti yang banyak digunakan pasien di rumah sakit maupun rawat jalan di rumah. Ada pula yang bagian sandaran kursinya bisa direbahkan dengan kemiringan 1450 – 1800 untuk memudahkan pasien menyandarkan kepalanya. Kursi roda yang bisa direbahkan atau yang juga disebut kursi roda reclining ini biasa dikhususkan untuk penderita stroke atau pengguna yang bermasalah serius di punggung.

Selain itu, kursi roda medis juga biasa dibedakan menjadi manual dan elektrik. Kursi roda medis manual membutuhkan tenaga pendorong untuk menggerakkannya. Sementara kursi roda elektrik menggunakan tenaga listrik atau baterai untuk menjalankannya. Oleh karena itu, meski lebih kursi roda elektrik terkesan praktis karena bisa digerakkan sendiri, namun dalam penggunaannya terdapat lebih banyak fitur pengaturan yang harus dipahami pengguna. Untuk beratnya sendiri, kursi roda medis dari berbagai tipe ini biasanya bisa melebihi 18 kg.

Kursi Roda Travelling

Berbeda dengan kursi roda medis yang konvensional, kursi roda travelling merupakan tipe yang didesain khusus agar dapat dibawa-bawa untuk bepergian. Dalam hal ini, tidak hanya ukurannya yang mini, yaitu berat sekitar 6 kg – 14 kg saja dengan lebar lebih sempit dari kursi roda konvensional, namun kursi roda travelling juga bisa dilipat hingga mudah dibawa. Kursi roda travelling ini juga yang biasa digunakan oleh para jamaah haji untuk membantu melaksanakan tawaf iwadah dan sai. Untuk penggunaannya, kursi roda jenis ini biasa digerakkan secara manual. Tingkat kenyamanan dari kursi roda travelling memang lebih rendah daripada kursi roda medis karena fokusnya lebih pada desain yang praktis dan trendi. Dengan demikian, kursi roda ini kurang cocok untuk pasien yang memiliki masalah kesehatan tidak bisa berjalan yang serius dan untuk kebutuhan sehari-hari.

Kursi Roda Pediatric

Kursi roda pediatrik ditujukan untuk anak-anak berkebutuhan khusus dengan masalah kesehatan yang membuatnya memiliki  keterbatasan untuk berjalan. Mengingat sasarannya ialah anak kecil, maka kursi roda ini khusus didesain dengan spesifikasi ukuran yang lebih kecil, adanya sandaran punggung dan dudukan yang lebih mudah diatur, serta sabuk pengaman untuk menjamin kenyamanan dan keamanan ekstra.

Pertimbangan 2: Bahan Material

Setelah memutuskan jenis kursi roda apa yang sekiranya memenuhi kriteria kebutuhan, selanjutnya Anda mulai mempertimbangkan bahan material penyusun apa yang cocok. Dalam hal ini, kursi roda biasa dibuat dari bahan besi yang dilapisi chrome atau alumunium. Material utama besi berlapis chrome cenderung lebih berat dan kuat apabila dibandingkan engan bahan dasar alumunium. Selain itu, kursi roda dengan material besi berlapis chrome juga dari segi harga lebih murah dibandingkan dengan alumunium. Meski demikian, bahan besi berlapis chrome cenderung lebih rentan terhadap karat, sehingga harus membutuhkan perawatan ekstra.

Saat ini banyak juga toko yang menjual kursi roda bekas di pasar pramuka atau pasar rumput. Kursi roda yang saat ini digemari adalah kursi roda dengan merk KaiYang, Gea, Avico yang dijual dengan harga murah dan begitu banyak Kursi Roda Travelling Dewasa yang ringan dan bisa dilipat.

Kursi roda di Jakarta Barat

Nah, bagi Anda yang membutuhkan kursi roda di Jakarta Barat, sebaiknya Anda segera menghubungi toko-toko keperluan medis untuk mendapatkannya. Tak jarang pula toko kursi roda di Jakarta Barat yang membuka website untuk menampilkan produk-produk yang dijualnya. Dengan demikian, calon pembeli bisa melihat brosur kursi roda secara online dan sehingga dapat membandingkan spesifikasinya masing-masing dengan lebih fleksibel. Selanjutnya, Anda yang sudah dibekali informasi dari paparan informasi berbagai kursi roda secara online bisa mengunjungi langsung toko untuk mendapatkan informasi lebih detail dari jenis kursi roda yang sudah Anda incar. Apabila Anda sudah sreg, Anda bahkan tidak perlu datang langsung dan cukup segera menghubungi toko kursi roda di Jakarta Barat untuk melakukan pemesanan beserta pengiriman produk ke rumah Anda!
Chat via WhatsApp

, , , , , , , , , , , , , , , , , ,

 
Chat via Whatsapp