Jenis-jenis Kursi Roda

07 June 2016 - Kategori Blog

Jenis-jenis Kursi Roda

Hampir semua orang mengerti dengan benar apa itu fungsi kursi roda. Mereka yang menggunakan kursi roda biasanya dinilai sebagai orang yang tidak mampu untuk berjalan karena banyak sebab baik itu karena cacat, cedera, sakit, lemah, atau sebagainya. Saat ini kursi roda dinilai sebagai alat kesehatan yang wajib tersedia pada rumah sakit dan banyak sarana kesehatan diluar sana.
Bagi pihak yang akan menyediakan kursi roda harus memahami terlebih dahulu jenis Kursi Roda yang ada dipasaran sekarang ini. Tujuannya adalah untuk menyesuaikan kebutuhan pasien dengan fungsi kursi roda yang ada.

Ragam Jenis Kursi Roda

Masalah kesehatan atau cedera seringkali mengganggu seseorang untuk melakukan mobilitas sehingga mereka harus berbaring seharian pada ranjang. Namun dengan penggunaan jenis Kursi Roda yang tepat, seseorang mampu untuk mencapai kebebasan atau independensi mobilitas. Kursi roda dirancang bagi para pasien pada bermacam ukuran, bentuk, fitur, dan juga penyesuaian umur. Tujuannya adalah untuk menyesuaikan kebutuhan berbeda dari tiap-tiap orang. Pembeli kursi roda sering dibingungkan dengan ragam pilihan kursi roda yang ada dipasaran sana. Salah memilih jenis yang tepat dapat berujung pada penyesalan.

Jenis Kursi Roda Manual dan Elektrik

Sebenarnya tidak perlu sulit dalam membedakan jenis Kursi Roda yang tersedia dipasaran karena ada dua kategori utama yaitu kursi roda manual dan kursi roda elektrik. Sesuai dengan nama yang menyertai, kursi roda manual dioperasikan dengan tangan atau tenaga dari pengguna sedangkan kursi elektrik menggunakan baterai atau sumber elektronik lain. Jika pengguna memiliki bagian tubuh atas yang kuat, mereka dapat secara mudah memilih jenis kursi roda yang manual. Namun jika tangan-tangan tidak kuat, seseorang perlu memilih kursi roda jenis elektrik. Pilihan disesuaikan dengan kebutuhan dari pengguna.

Kelebihan jenis Kursi Roda manual adalah ringan dan juga mudah dibawa kemana saja. Jika tangan pasien masih normal dan memiliki tenaga yang cukup kuat, mereka bisa memilih jenis yang manual. Selain kelebihan karena mudah dibawa kemana saja, kursi manual juga amat murah jika dibandingkan dengan kursi roda jenis lain terutama yang elektrik. Pengguna jika tidak perlu untuk melakukan isi ulang untuk menggunakannya. Kemudahan untuk dibawa kemana saja menjadi salah satu alasan kenapa kursi jenis ini adalah yang paling diminati oleh siapa saja.

kursi roda

Sebuah jenis Kursi Roda standar memiliki bagian lengan yang paten dan juga penyangga kaki yang paten juga namun masih bisa diatur ketinggian dan kerendahannya. Kursi roda manual biasanya dibuat dari krom, aluminium, baja, dan beberapa bahan lain yang sering dimanfaatkan. Ada juga pilihan kursi roda manual ortopedik yang sudah populer diantara para pengguna saat ini karena mereka menginginkan sesuatu yang lebih nyaman untuk digunakan sebagai sarana mobilitas yang mereka butuhkan. Fungsi dan fitur tambahan yang dimiliki jenis kursi ortopedik adalah dapat diatur pada posisi-posisi yang beragam dan sesuai dengan tingkat kenyamanan yang diinginkan.

Kelebihan lain jenis Kursi Roda manual adalah karena aspek ringan yang dimiliki. Berat kursi roda manual pada umumnya adalah 6 kilo atau lebih tergantung ukuran dan siapa yang menggunakan kursi roda tersebut. Sekarang ini kursi tersebut menjadi populer karena tampilan yang bagus dan juga kemudahan untuk dipindahkan kemana saja bagi mereka yang memiliki mobilitas yang intens. Terkadang seseorang melakukan pemesanan untuk kursi roda manual dengan fitur yang khusus. Mereka yang memiliki masalah kesehatan serius seringkali memesan kursi roda yang spesial yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Sedangkan jenis Kursi Roda elektrik amat membantu bagi pasien yang mana membutuhkan power atau tenaga tambahan untuk menggerakkan kursi roda tersebut. Bagi pasien dengan keterbatasan pergerakan dan tenaga pada bagian lengan, maka jenis kursi roda ini adalah yang paling diinginkan oleh mereka. Kelebihan utama dari kursi roda ini adalah dapat digerakkan secara mudah dengan hanya menggunakan tombol atau pengatur yang disediakan. Yang dibutuhkan untuk menggerakkan kursi roda elektrik adalah batre dan juga isi ulang secara berkala. Ada jenis berbeda tergantung pada daya tahan dan jenis batre yang disesiakan.

Meskipun terdengar amat modern dan membantu, namun ditemukan juga beberapa masalah dalam menggunakan jenis Kursi Roda elektrik yaitu karena lebih besar, lebih berat, dan amat memakan tempat jika dibandingkan dengan kursi roda manual. Terlebih lagi, kursi roda jenis ini juga amat memakan banyak biaya untuk dibeli. Hal ini tidak cocok jika pasien memiliki kendala dana untuk membeli produk tersebut. Orang-orang mencoba mengurangi harga pembelian dari kursi roda elektrik dengan cara membeli bekas. Namun ide yang lebih cemerlang adalah untuk melakukan pembelian kursi roda elektrik yang memiliki diskon. Para penyumbang alat kesehatan juga biasanya akan memilih kursi roda manual untuk dijadikan sebagai alat kesehatan yang diberikan secara cuma-cuma pada penyandang cacat atau siapa saja yang membutuhkan.

,

 
Chat via Whatsapp