Hari Ini:

Selasa 22 Aug 2017

Jam Buka Toko:

08.00 s/d 17.00 WIB

Telpon:

02156944260

SMS/Whatsapp:

081281796888

BB Messenger:

33422EC3

Email:

ratumedika@gmail.com

Bahan Kursi Roda

07 June 2016 - Kategori Blog

Bahan Kursi Roda

Bahan kursi roda atau Wheelchair memiliki beragam pilihan jenis, kursi roda adalah sebuah alat bantu bagi penyandang cacat kaki agar bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain, baik dari tempat datar ke tempat yang lebih rendah atau tempat yang lebih tinggi. Kursi roda juga biasanya dipakai oleh orang-orang di rumah sakit yang tidak diperbolehkan untuk banyak bergerak, orang lanjut usia, dan orang-orang yang mempunyai resiko terluka apabila berjalan sendiri. Kursi roda terdiri dari beberapa bagian yaitu sandaran tangan, sandaran punggung, rem, kemudi tangan,  roda dan poros belakang, dan lain-lain.

Bahan-bahan kursi roda terdiri dari banyak bagian. Diantaranya yaitu:

  1. Kulit/ kulit sintetis.
    Bahan kursi roda pertama yakni kulit. Bahan kulit ini difungsikan untuk estetika atau keindahan, menambah kenyamanan kursi roda dan untuk melapisi busa.
  2. Stainless steel atau sejenisnya
    Bahan kursi roda  yang terbuat dari stainless steel berfungsi sebagai rangka untama kursi roda yang menopang kursi roda tersebut.
  3. Busa/ Sponge
    Berfungsi untuk memberikan kenyamanan dengan menambah bidang luas permukaan sentuh tubuh sehingga mengurangi tekanan.
  4. Roda karet / plastik
    Berfungsi untuk memperkecil gesekan sehingga kursi roda dapat digerakan dengan mudah.
  5. Berbahan Dasar Aluminium
    Aluminium adalah salah satu bahan kursi roda yang digunakan dalam bingkai kursi roda, tergantung pada kualitas dan kelas aluminium. Kursi roda ini bisa tahan lama pada penggunaan sehari-hari. Kursi roda jenis ini lebih disukai karena cenderung lebih ringan dan tahan terhadap korosi. Sebagian besar kursi roda berbahan dasar alumnium. Kursi roda berbahan aluminium mempunyai kelebihan berupa dudukan yang nyaman, penyangga belakang bisa dilipat sehingga memudahkan apabila di masukan ke dalam ruang yang kecil, mudah digunakan dan dibawa kemana-mana, sangat ringan, berbahan alumunium yang kuat sehingga dapat digunakan bagi anak maupun dewasa, mampu menampung beban sampai 100Kg.
  6. Berbahan dasar baja
    Baja adalah jenis lain dari bahan yang digunakan untuk kursi roda yang tahan lama. Namun  masalahnya adalah kerangka kursi roda yang berisi bahan baja cenderung jauh lebih berat daripada frame kursi roda aluminium, yang berarti bahwa kursi roda ini lebih sulit untuk disimpan dan dilipat . Bahan baja ini umumnya digunakan di kursi roda standar , yang berarti cenderung lebih pada sisi murah, tapi tentu saja memiliki berat yang lebih jika dibandingkan dengan yang berbahan aluminum. Rangka baja biasanya menghasilkan kursi roda menjadi tahan lama.

Kursi roda umunya terbagi menjadi empat jenis yakni kursi roda manual,  kursi roda berpenggerak motor, kursi roda untuk sport dan kursi roda untuk anak-anak. Kursi roda manual dikendalikan secara manual oleh tangan penggunanya atau orang lain yang membantunya. Kursi roda manual tidak dapat digunakan oleh penderita cacat pada bagian tangan nya. Kursi roda berpenggerak motor digerakkan dengan sebuah alat khusus seperti remote control untuk memajukan, memundurkan, memiringkan, berbelok maupun mengerem. Kursi roda berpenggerak motor biasanya digunakan untuk perjalanan jauh yang mana penggunanya tidak bisa menggerakkan sendiri kursi roda yang digunakannya sehingga hanya perlu menggunakan semacam remot untuk mengendalikannya. Kursi roda untuk sport/ olahraga digunakan oleh penyandang cacat untuk bisa berjalan cepat dengan desain satu buah roda tambahan pada bagian depan. Kursi roda jenis ini sering ditemukan pada pekan olimpiade olahraga yang digunakan oleh penderita cacat. Sedangkan kursi roda untuk anak-anak hanya memiliki perbedaan pada ukurannya saja. Bahan kursi roda untuk anak-anak memiliki ukuran yang lebih kecil. Sedangkan kegunaan dan fungsinya tidak jauh berbeda dengan kursi roda pada umumnya. Bahan kursi roda yang diperuntukkan bagi anak ini biasanya berwatna cerah karena pemakainya adalah anak-anak serta tingggi tempat duduknya tidak lebih dari 50cm.

Berdasarkan temuan terbaru, ada sebuah bahan kursi roda yang penggeraknya didasarkan pada ekspresi wajah. Kursi roda ini bergerak sesuai dengan ekspresi wajah pemakainya, dengan pola yang bisa diatur sendiri. Misalnya, cukup tersenyum untuk menggerakkan kursi roda ke depan, melirikkan mata ke kiri atau kanan untuk berbelok, dan menaikkan alis untuk berhenti. Tujuan dari temuan teknologi ini yaitu untuk membantu kaum difabel yang mempunyai masalah dalam keterbatasan motorik. Kursi roda ini menggunakan teknologi EEG atau Electroencepalography yang diterapkan dengan memasangkan rangkaian elektroda di bagian kepala seperti saat kita memakai topi. Teknologi EEG akan mendeteksi pergerakan kulit di kepala dan menerjemahkannya kedalam proses komputer. Sebuah rangkaian komputer kecil dan mesin penggerak diletakkan di bagian belakang bawah kursi roda dan dihidupkan dengan tenaga listrik dan baterai.

Jika anda atau kerabat anda akan menggunakan sebuah kursi roda, pastikan dulu bahwa bahan kursi roda tersebut terbuat dari bahan-bahan yang awet dan tahan lama sehingga anda tidak harus sering-sering membeli kursi roda.

, , , ,